Ayam Betutu ~Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Betutu merupakan jenis makanan tradisional daerah Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik dan ayam. Memang waktu ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita, salah satunya Anda. Mereka memang telah terbiasa menggunakan internet di gadget untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan inspirasi. Seterusnya adalah gambar berkaitan dengan Ayam Betutu yang dapat sobat jadikan wawasan.

Ayam Betutu This highly seasoned and spiced dish is a popular dish in Bali and Lombok, Indonesia. Special menu for ayam betutu kuah, very very spicy. And i loved plecing kangkung with sambal matah, really good! anda bisa membuat Ayam Betutu gunakan 21 bahan 6 langkah. Berikut cara anda untuk membuatnya.

Komposisi untuk memasak Ayam Betutu

  1. Silahkan sobat persiapkan 1 kg ayam, potong sesuai selera.
  2. Sobat juga memerlukan 1 buah jeruk nipis (optional).
  3. Sobat juga memerlukan Bumbu halus:.
  4. Silahkan kamu siapkan 6 siung Bawang putih.
  5. Silahkan kamu siapkan 3 butir kemiri.
  6. Siapkan juga 1 jempol lengkuas.
  7. Anda perlu 1 ruas jahe.
  8. Kamu butuh 2 ruas kencur.
  9. Kamu membutuhkan 1 batang serai.
  10. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  11. Kamu butuh 1 blok tetasi ABC.
  12. Anda Memerlukan 3/4 sdt kunyit bubuk.
  13. Anda perlu 1 sdt lada bubuk.
  14. Siapkan juga Bumbu cincang:.
  15. Selain itu juga tambahkan 11 buah cabe rawit merah.
  16. Persiapkan 6 siung bawang merah.
  17. Anda perlu 3 lembar daun jeruk, buangvtulang tengahnya.
  18. Siapkan juga 2 lembar daun salam.
  19. Kamu membutuhkan 100 ml air.
  20. Siapkan juga 1,5-2 sdt garam halus.
  21. Persiapkan 3 sdt kaldu jamur.

Resep Ayam Betutu - Varian menu makanan sangat perlu untuk meningkatkan selera makan. Resep ayam betutu khas wilayah tengah Indonesia ini bisa menjadi referensi menu masakan di rumah. Lihat juga resep Ayam Betutu enak lainnya! Family style restaurant in Denpasar, Bali, Indonesia.

Intruksi cara membuat Ayam Betutu

  1. Siapkan bumbu yang akan dihaluskan. Bawang putihnya karena kecil-kecil, jadi saya tambahin. Blender sampai halus dengan ditambahkan sedikit minyak goreng. Siapkan cabe rawit dan bawang merah untuk dicincang, saya pakai chopper. Lalu daun jeruk saya iris halus..
  2. Tumis bumbu halus dan bumbu cincang ditambah daun jeruk iris dan daun salam. Tumis dengan ditambahkan sedikit minyak goreng. Setelah harum, masukkan 100 ml air..
  3. Lalu masukkan garam dan kaldu jamur. Aduk rata. Cek rasa..
  4. Kalo rasa bumbunya sudah pas, masukkan potongan ayam. Sebelumnya, setelah ayam dicuci, saya beri perasan jeruk nipis. Aduk rata sebentar, lalu matikan api..
  5. Bungkus ayam dengan daun pisang yang sudah dilayukan. Lalu masukkan ke dalam kukusan yang sudah beruap. Kukus 1 - 1,5 jam..
  6. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng..

Ayam betutu merupakan masakan khas dari Bali. Menurut ahli Gastronomi, Betutu adalah garis walacenya seni kuliner nusantara. Pembatas antara Seni makanan barat dan Timur Di indonesia. Resep Ayam Betutu - Jika berbicara mengenai Ayam Betutu, pasti orang-orang langsung teringat dengan Pulau Bali. Ayam betutu memang berasal dari bali, lebih lengkapnya berasal dari Gilimanuk.

Begitulah pembahasan Ayam Betutu terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel website ini bermanfaat suport saya dengan cara share postingan artikel website ini ke akun sosial media yang kamu punya seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga menandai halaman website ini,postingan ini dikelompokkan ke dalam kategori Ayam Betutu.