Rujak cingur ~Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Indonesia have different kind of Rujak or Rojak, there is Rujak Uleg or Rujak Manis. Memang akhir-akhir ini sedang banyak dicari oleh sebagian orang disekitar kita, salah satunya sobat. Mereka memang sudah terbiasa menggunakan internet di ponsel untuk mendapatkan informasi gambar untuk dijadikan contoh. Selanjutnya merupakan gambar seputar Rujak cingur yang dapat kalian jadikan inspirasi.

Rujak cingur Rujak cingur adalah makanan khas Jawa Timur, terutama di Surabaya. Rujak cingur punya rasa yang sangat beragam. Mulai dari gurih, pedas hingga manis bercampur jadi satu di mulut. kamu bisa memasak Rujak cingur mengfungsikan 21 bahan 3 langkah. Berikut step by step untuk memasaknya.

Bahan dan bumbu untuk memasak Rujak cingur

  1. Kamu siapin Bahan :.
  2. Kamu butuh Cingur sapi, ungkep dgn bumbu.
  3. Anda perlu Lontong.
  4. Silahkan sobat siapkan Tahu goreng.
  5. Silahkan kamu siapkan Tempe goreng.
  6. Silahkan kamu persiapkan Tauge rebus.
  7. Sediakan juga Daun ubi, rebus.
  8. Kamu membutuhkan Krai rebus/bendoyo.
  9. Kamu butuh Timun.
  10. Sediakan Kerupuk.
  11. Silahkan kamu persiapkan Bumbu :.
  12. Sediakan juga Bawang putih goreng.
  13. Silahkan sobat persiapkan Kacang goreng.
  14. Kamu membutuhkan Pisang klutuk/batu yg masih muda.
  15. Kamu membutuhkan Cabe rawit, sesuai selera pedasnya.
  16. Anda Memerlukan Gula merah.
  17. Siapkan juga Secukupnya garam.
  18. Persiapkan Secukupnya air asam jawa.
  19. Selain itu juga tambahkan Petis ikan.
  20. Anda perlu Petis udang.
  21. Silahkan kamu persiapkan Secukupnya air.

Makanan tradisional Jawa Timur terdiri dari petis, sayur mayur, cingur (nyam-nyam), lontong, buah, lombok dan pelengkap kerupuk. Rujak cingur adalah salah satu makanan khas dari jawa timur. Rujak cingur bisa anda dapatkan banyak di kota Surabaya. Rujak cingur sendiri campuran dari buah-buahan, sayuran, cingur sapi.

Langkah cara membuat Rujak cingur

  1. Haluskan bumbu2, tambahkan petis dan secukupnya air, ratakan (tingkat kekentalan sedang, jgn terlalu encer)..
  2. Masukan irisan bahan2, aduk rata dan sajikan dgn kerupuk..
  3. Note : takaran bahan dan bumbu tdk saya terterakan karna banyak nya tergantung selera ya, boleh tambahkan buah bila suka (nanas/bengkoang/mangga muda) dan gunakan petis kualitas baik utk rasa yg lebih enak..

Rujak cingur khas Surabaya sudah terkenal kelezatan dan kenikmatannya. Daripada beli di luar terus, berikut IDN Times kasih rekomendasi resep rujak cingur khas Surabaya dan cara. Segenap keluarga besar rujak cingur sedati mengucapkan minal aidzin wal faizin. Selamat siang tweeeps, pada laper yaa?? Rujak cingur enak looh.tersedia jg mknan khas jatim lainnya.

Begitulah pembahasan Rujak cingur terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa postingan website ini bermanfaat suport kami dengan cara bagikan postingan artikel situs ini ke akun sosial media yang kamu punya seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga mem-bookmark halaman blog ini,konten ini dikelompokkan ke dalam kategori Rujak cingur.