Semur Jengkol ~Read Customer Reviews & Find Best Sellers. Di makan rame - rame Semoga bisa menjadi lagu ini di sukai semua kalangan. Semur jengkol yang pertama saya makan adalah semur jengkol buatan ibu saya. Memang saat ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita, salah satunya kamu. Mereka memang sudah terbiasa mamnfaatkan internet di smartphone untuk mencari informasi gambar untuk dijadikan ide. Seterusnya adalah gambar tentang Semur Jengkol yang bisa sobat jadikan inspirasi.

Semur Jengkol Merdeka.com - Suka makan semur jengkol? Kuliner yang populer di pulau Jawa ini memang disukai orang Indonesia. Pasalnya jengkol memang memiliki aroma menyengat dan tekstur liar. kamu dapat membuat Semur Jengkol mengfungsikan 23 bahan 6 langkah. Inilah cara anda untuk membuatnya.

Bahan-bahan untuk memasak Semur Jengkol

  1. Anda butuh 1/2 kg Jengkol cuci bersih. Sisihkan.
  2. Sobat juga memerlukan Air secukupnya untuk merebus.
  3. Siapkan juga 6 lembar daun jeruk, untuk merebus.
  4. Kamu membutuhkan 1 sdm garam, untuk merebus.
  5. Kamu siapin ✓Bumbu yang dihaluskan✓.
  6. Selain itu juga tambahkan 10 siung bawang merah.
  7. Silahkan sobat siapkan 6 siung bawang putih.
  8. Silahkan kamu persiapkan 1/2 sdt biji merica.
  9. Kamu siapin 1/2 cm pala (1/3 ruas buku jari).
  10. Silahkan sobat persiapkan 4 buah kemiri.
  11. Sediakan 3 buah cabai merah besar (sesuai selera).
  12. Silahkan kamu persiapkan ✓Bumbu lainnya✓.
  13. Anda butuh 1 bungkus santan instan.
  14. Sediakan juga 8 sdm kecap manis.
  15. Anda perlu 1 sdt garam.
  16. Silahkan sobat siapkan 1/2 sdt bubuk kaldu / penyedap.
  17. Silahkan sobat siapkan 1 sdt gula pasir.
  18. Kamu membutuhkan 2 lembar daun salam.
  19. Anda membutuhkan 2 lembar daun jeruk.
  20. Kamu membutuhkan 2 batang sereh, geprek.
  21. Anda membutuhkan 3 cm lengkuas.
  22. Sediakan 6 sdm Minyak untuk menumis bumbu.
  23. Kamu butuh 400 ml air.

Jika tidak diolah dengan benar, semur akan terasa alot dan bau. Cara masak semur jengkol sebenernya juga mudah namun, memang membutuhkan perhatian lebih saat mengolahnya. Jengkol sendiri termasuk bahan makanan yang membutuhkan keahlian lebih untuk mengolahnya. Karena jika dimasak dengan benar, rasanya bisa sangat lezat.

Intruksi cara memasak Semur Jengkol

  1. Setelah dicuci bersih, rebus jengkol sampai empuk. -/+ 1 jam Tambahkan 6 lembar daun jeruk dan bubuhi 1 sdm makan garam pada saat merebus. Katanya sih ini bisa mengurangi kadar bau nya 🤭..
  2. Saya rebus pakai panci presto, jadi 45 menit juga sudah empuk. Cuci kembali, tiriskan dan sisihkan..
  3. Siapkan wajan untuk memasak. Masukan 6 sdm minyak, Tumis bumbu halus sampai harum dan agak mengering. Tambahkan 150 ml air, masukan jengkol. Tuangkan garam, gula, penyedap, kecap. Juga bumbu rempahnya. Daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas. Aduk. Menyusul masukan santan, aduk rata. Masukan sisa air (250 ml). Tutup wajan, biar jengkol lebih empuk dan bumbu meresap. biarkan sampai air setengah menyusut..
  4. Setelah air hampir menyusut buka tutup wajan, cicipi dan cek rasa. Matikan api setelah bumbu mengental..
  5. Sajikan Semur Jengkol dengan nasi panas 🤩.
  6. Selamat mencobaaa 🤗🥰..

Akan tetapi, jika diolah seadanya jengkol akan menyisakan rasa langu dan bau yang menyengat. Semur Jengkol Pedas Manis enak lainnya! Jengkol bisa diolah menjadi aneka macam masakan enak. Jika Anda memiliki rencana untuk mencoba menu baru berbahan dasar jengkol, silahkan Anda coba resep semur jengkol, siapa tahu Anda dan keluarga suka. Memang, tidak dipungkiri, bahwa mengkonsumsi jengkol memiliki resiko yang cukup membuat banyak orang malas.

Begitulah pembahasan Semur Jengkol terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa artikel website ini bermanfaat suport saya dengan cara bagikan postingan artikel situs ini ke akun sosial media yang kamu punya seperti facebook, instagram dan lain-lain, atau bisa juga menandai halaman website ini,artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori Semur Jengkol.